Ads

Pengertian CAD,CAM,dan CAE (LENGKAP)

Halo sobat,
Salam untuk sobat semua yang berkunjung ke CADnest.

Mungkin sobat ada yang bertanya-tanya.
Apa itu CAD/CAM/CAE ?
Apa fungsi CAD/CAM/CAE  ? 

Atau sobat ada yang sudah berpengalaman dan menjadi ahli dalam bidang CAD/CAM/CAE ?

Saya pribadi bisa di bilang masih baru dalam mengenal ke tiga software tersebut.
Pertamakali saya mengenal software CAD yaitu pada saat saya masiih bersekolah di SMK.
Software yang saya pakai pada saat itu adalah autoCAD dari AUTODESK.

Dari situlah saya mulai tertarik pada bidang CAD hingga saya bisa bekerja sebagai drafter engineer seperti sekarang ini.
Maka dari itu perkenankan saya untuk menjawab pertanyaan sobat dan berbagi pengalaman serta pandangan saya tentang software CAD,CAM,dan CAE satu persatu.

1. CAD (Computer Aided Design) / CADD (Computer Aided Design and Drafting)

CAD adalah software komputer untuk membuat/merancang/menggambar sebuah benda atau bagian dari benda tersebut dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi.sehingga dapat di publikasikan/di sampaikan/di presentasikan.

Menurut Wikipedia sendiri CAD adalah “Progran computer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk.Produk yang ingin di gambarkan bisa di wakili oleh garis-garis maupun simbol-simbol yang memiliki makna tertentu.CAD bisa berupa  gambar 2 dimensi dan 3 dimensi”.Mengacu pada definisi di atas.CAD tentu sangat erat kaitan nya dengan pembuatan atau perancangan suatu produk yang mana menjadi pekerjaan seorang Arsitek,Engineer,Drafter,Marketing,dan masih banyak lagi.


Seiring dengan berkembang nya teknologi,para pengembang mulai berinovasi dan menciptakan software khusus untuk menggambar dalam bentuk 3 dimensi yang lebih advance dan rumit seperti animasi.


Autodesk MAYA contoh nya.software ini sudah banyak di gunakan dalam proses pembuatan film-film Hollywood dan game-game keren berbasis 3D tentunya.


Ada banyak software-software CAD yang bisa kita gunakan untuk bekerja atau bahkan sekedar belajar dan sebatas hobi saja.namun yang banyak di gunakan oleh orang dan perusahaan-perusahaan hanyalah beberapa merek saja seperti autoCAD,CATIA,Solidworks,SketchUP dan software lain yang sudah terbukti kualitas nya.tentu dengan kelebihan mereka masing-masing.


Dewasa ini,banyak sekali peluang-peluang pekerjaan dan usaha bagi para lulusan SMK maupun perguruan tinggi yang menguasai software CAD dalam bidang apapun,melihat semakin berkembang nya teknologi serta pembangunan di dunia khusus nya Indonesia sendiri.



2. CAM (Computer Aided Manufacturing)

Berbeda nama,tentu berbeda pula fungsi nya sobat.
Software ini lebih berfungsi sebagai tools/alat untuk mengontrol atau mengoperasikan mesin produksi dalam proses manufaktur.

Menurut Wikipedia CAM adalah “Penggunaan software komputer untuk mengontrol tools mesin ataupun bagian mesin lain nya yang berhubungan dengan proses pemesinan”.
Tujuan utama CAM adalah membantu kegiatan proses manufaktur menjadi lebih cepat,akurat,dan efisien.

CAM kini mulai di terapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah khusus nya SMK,Poli teknik dan Universitas yang mempelajari proses Manufaktur.

Lalu apakah ada hubungan nya dengan CAD ?
Tentu Sangat berhubungan sobat.

Sebagian besar perusahaan-perusahaan manufaktur saat ini banyak menggunakan mesin CNC (Computer Numerical Control) dalam proses pemesinan nya.untuk mengoprasikan CNC di butuhkan bahasa program,dan untuk menghasilkan sebuah bahasa program di butuhkan gambar 2D/3D yang dihasilkan oleh software CAD,yang di proses dan di konversi oleh software CAM menjadi bahasa program untuk mengoprasikan mesin berbasis CNC.

Oleh karena itu,kedua software tersebut tetap saling berhubungan.
Beberapa merek softwarae CAM yang sering di gunakan adalah MasterCAM,rhinoCAM,surfCAM,CATIA dan masih banyak lagi.


3.CAE (Computer Aided Engineering)

Ini adalah favorit saya,jujur saja saya masih dalam tahap belajar dan belum bisa dalam mengoperasikan software tesebut.

Pengertian CAE adalah penggunaan program komputer untuk menyelesaikan persoalan-persoalan Engineering dalam menganalisa maupun meng-optimasi suatu produk atau bagian-bagian dari produk tersebut.

Ada 3 jenis persoalan engineering yg banyak di analisa dengan bantuan CAE,sebagai berikut :
  •  FEA (Finite Elements Analysis)

Biasa di gunakan untuk meng-analisa batas maksimal ketahanan suatu bagian dari produk/part atau material (Stress analysis) terhadap gaya yang akan di bebankan pada produk tersebut.

  • CFD (Computational Flow Dynamics)

Biasa di gunakan untuk menganalisa suatu prdouk yang memiliki saluran/aliran.mencari solusi terbaik dalam ketahanan,kecepatan,dan lain-lain tergantung jenis aliran yang akan di salurkan lewat produk tersebut.
  • MBD (Multibody Dynamics)

Jika FEA di gunakan untuk menganalisa hanya bagian dari suatu produk saja,maka MBD lah yang bertugas menganalisa suatu produk secara keseluruhan.


Sama seperti CAM,penggunaan CAE harus di awali dengan model 3D dari software CAD,lalu model produk tersebut akan di olah dalam software CAE dengan begitu akan di ketahui karateristik produk tersebut baik secara statis/dinamis maupun thermal.

Ada beberapa software CAE yang populer dan banyak di gunakan orang.Seperti Solidworks,ProEngineering,Inventor,CATIA,dan lain-lain.
CAE sangat membantu dan banyak di gunakan oleh insinyur/engineer dalam merancang sebuah produk untuk menentukan layak atau tidak nya desain produk tersebut di gunakan oleh user/konsumen,terutama pada produk yang jika terjadi kesalahan/kerusakan dapat berisiko membahayakan pengguna.

Dengan begitu dapat mengurangi angka kerusakan pada suatu produk,dan berdampak berkurang nya angka kecelakaan pada konsumen/pengguna serta kepercayaan pengguna terhadap produsen produk tersebut akan semakin bertambah karena merasa nyaman dan puas akan produk nya.


Sekian ya sobat pandangan saya pribadi terhadap ke tiga software tersebut,saya berharap semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Kurang lebih nya sobat bisa tambahin atau kurangin di kolom komentar.

Terimakasih.











Pengertian CAD,CAM,dan CAE (LENGKAP) Pengertian CAD,CAM,dan CAE (LENGKAP) Reviewed by Riyan K. Prasetya on 12 Desember Rating: 5

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.